Ekstrusi aluminium Nilai Tambah Dari Aluminium

Ekstrusi aluminium Nilai Tambah Dari Aluminium

Ekstrusi aluminium Nilai Tambah Dari Aluminium

Comments Off on Ekstrusi aluminium Nilai Tambah Dari Aluminium

Ekstrusi Aluminium.

Dari klip kertas sederhana hingga potongan kompleks yang digunakan dalam teknologi canggih, Ekstrusi Aluminium dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk pemanfaatan penggunaan akhir yang bernilai tambah. Komputer yang Kita gunakan saat ini berisi setidaknya satu profil aluminium dalam bentuk unit pendingin. Ini memanfaatkan konduktivitas bahan aluminium yang sangat baik, kemampuan anodisasi yang lumayan unik, dan perbaikan desain untuk menjaga prosesor komputer Kita tetap dingin.

Ekstrusi yang berbeda.

Ekstrusi merupakan proses pengolahan yang dilakukan untuk membuat objek dengan  model penampang tetap. Sebuah alat khusus yang disebut ‘mati’ digunakan untuk membuat ekstrusi ini dengan memangkas atau membentuk bahan dengan cara ditekan dengan kuat. Cara ini disesuaikan untuk membuat desain yang diinginkan.

Produk olahan dari aluminium banyak sekali, diantaranya adalah kusen jendela aluminium yang cenderung sangat banyak dipakai di wilayah perkotaan saat ini. Adapun produk dari aluminium tidak hanya pintu dan kusen, tapi masih banyak lagi, itu hasil dari olahan aluminium yang disesuaikan yang dibutuhkan.

Prosesnya melibatkan pengepresan silinder padat aluminium (billet) yang telah dipanaskan sebelumnya yang dipaksa melalui lubang cetakan. Billet dipanaskan hingga kisaran suhu 350 – 500 derajat Celcius. Aluminium tidak bersinar saat dipanaskan namun kelenturannya meningkat berlipat gkita pada suhu itu. Saat ekstrusi aluminium muncul dari cetakan, pada suhu berada di kisaran 510-550 °C.

Mesin ekstrusi Untuk mendinginkan ekstrusi yang keluar dari cetakan, digunakan pendinginan air penuh, semprotan air, dan kipas pendingin. Untuk memenuhi sifat paduan khusus, seluruh proses dipantau untuk berbagai parameter. Produk akhir adalah ekstrusi dari bentuk dan kualitas yang diinginkan. Proses pengolahan ekstrusi juga bisa meningkatkan kwalitas kekuatan dari material.

Pendinginan melalui semprotan air Sifat ekstrusi tergantung pada beberapa faktor:

* Desain.

* Suhu.

* Kecepatan proses ekstrusi.

* Suhu operasi saat proses.

* Tingkat racikan bahan yang digunakan Sebagai acuan. sifat mekanik paduan yang lebih tinggi berarti tingkat ekstrusi yang lebih rendah. Gesekan yang lebih besar antara dinding liner dan billet menghasilkan waktu yang lebih lama untuk memulai ekstrusi billet. Rasio ekstrusi suatu bentuk menunjukkan jumlah kerja mekanis yang akan terjadi saat bentuk diekstrusi.

Ekstrusi yang sebenarnya dimulai ketika billet didorong oleh ram dari press hidrolik. Billet aluminium dipindahkan ke loader, dimana pelumas ditambahkan untuk mencegahnya menempel pada mesin ekstrusi. Ada desain yang berbeda dari pengepres ini yang mampu memberikan tekanan mulai dari 100 ton hingga 15.000 ton tekanan. Untuk menghindari pembentukan oksida, nitrogen dalam bentuk cair atau gas dimasukkan dan dibiarkan mengalir melalui bagian cetakan. Ini menciptakan atmosfer inert dan meningkatkan umur die. Ukuran ekstrusi diukur dengan dimensi penampang terpanjang, kadang-kadang disebut sebagai kecocokannya dalam diameter lingkaran yang membatasi (CCD). Untuk masuk ke sistem itu tentunya bisa menggukan pintu yang terbuat dari besi, dengan adanya pintu besi maka semua akan lebih terjaga kekuatannya dari segi keamanan dan kekokohan.

Setelah mendinginkan ekstrusi pada saat kedatangannya, ‘stretcher’ dapat digunakan untuk meluruskannya dan memperbaiki setiap tikungan yang mungkin terjadi. Konveyor kemudian mengumpankan hasil kerja ke gergaji untuk pemotongan dan penuaan. Penuaan memungkinkan pengerasan ekstrusi alami dan dikontrol dengan memanaskannya dalam oven pemanggang hingga 8 jam. Untuk menyesuaikan warna, tekstur, dan kecerahan lapisan aluminium, anodisasi atau pengecatan aluminium dapat dilakukan. Ini adalah langkah terakhir sebelum pengemasan dilakukan oleh unit manufaktur.

Hampir tidak mungkin untuk mengabaikan aplikasi ekstrusi aluminium dalam setiap aspek konstruksi, transportasi, dan teknologi.

* Sebuah rangka aluminium seberat 200.000 kg yang menampung Stasiun Luar Angkasa Internasional telah dibuat oleh Perusahaan Boeing berukuran panjang 146 kaki, lebar 240 kaki, dan tinggi 90 kaki.

* Sebuah mobil yang dirancang dengan 1 pon ekstrusi aluminium bukannya 2 pon baja akan menghemat 3,1 galon minyak mentah, dan mencegah 20 pon emisi CO2 selama masa pakainya.

* Dengan bangunan yang menyumbang lebih dari 40 persen konsumsi energi global, tidak mengherankan jika aluminium ekstrusi menjadi produk pilihan bagi pembangun ramah lingkungan.

* Penggunaan ekstrusi aluminium di bangunan komersial dapat berkontribusi pada poin LEED (Kepemimpinan dalam Desain Energi dan Lingkungan) di sejumlah area termasuk Efisiensi Energi, Pemilihan Bahan Berkelanjutan, dan Kualitas Lingkungan Dalam Ruangan. Memotong ekstrusi yang didinginkan

Itu tadi penjelasan betapa pentingnya ekstrusi aluminium. Sehingga aluminium mempunyai nilai tambah untuk pemasarannya. Aluminium sangat melimpah di bumi ini, harganya ketika mentah belum di ekstrusi jauh dari harga sesudah di ekstrusi. Semoga bermanfaat.

admin

Related Posts

Macam-Macam Tinta yang Dipakai dalam Menyablon Plastik Ziplock

Comments Off on Macam-Macam Tinta yang Dipakai dalam Menyablon Plastik Ziplock

Create Account



Log In Your Account